Pages

Subscribe:

Ads 468x60px

Sabtu, 07 Januari 2012

BATU PAKE GOJENG

       Kawasan objek wisata Batu Pake Gojeng terletak di Gojeng, kelurahan Biringere, kecamatan Sinjai Utara lebih kurang 2 km dari pusat kota Sinjai. Batu Pake Gojeng merupakan salah satu kawasan objek wisata budaya yang ada di kabupaten Sinjai. Lokasinya yang tidaka jauh dari pustak kota Sinjai, menjadikan kawasan Batu Pake Gojeng lebih mudah dijangkau oleh para wisatawan yang ingin berkunjung ke lokasi tersebut.
      Di kawasan objek wisata Batu Pake Gojeng, terdapat batu yang dipahat. Di bawah batu yang dipahat tersebut terdapat kuburan batu. Sehingga masyarakat setempat lebih mengenal lokasi tersebut sebagai kuburan batu. Lokasi kuburan batu tersebut telah dipugar oleh pemerintah, sehingga pengunjung tidak dapat masuk ke kuburan batu tersebut.
         Bagi anda warga masyarakat kabupaten Sinjai, belum lengkap rasanya jika anda belum pernah berkunjung ke kawasan Batu pake Gojeng. Kawasan tersebut begitu indah. Anda dapat menikmati keanggungan alam kabupaten Sinjai. Pusat kota kabupaten Sinjai, deretan pulau Sembilan, hutan bakau mangrove dan panorama alam lainnya dapat anda saksikan dari puncak Batu Pake Gojeng.

           Keunikan lain dari kawasan objek wisata Batu Pake Gojeng yaitu dengan adanya tangga seribu. Tangga tersebut dinamakan tangga seribu karena jumlahnya mencapai seribu anak tangga. Tangga tersebut yang menjadi penghubung untuk mencapai puncaj Batu Pake Gojeng.

           Dengan berbagai keunikan dari kawasan objek wisata Batu Pake Gojeng tersebut, ternyata kawasan  tersebut memiliki sejarah yang begitu unik. Pada zaman dahulu, kawasan tersebut merupakan sebuah kerajaan kecil. Di tempat itulah menjadi tempat pertama turunnya To Manurung yang bernama “Baso Batu Pake”, diperkirakan sebelum abad ke-15. To Manurung tersebut membentuk sebuah kerajaan kecil. Yang menjadi raja adalah anaknya sendiri “I Baso Batu Pake” dengan permaisuri “La Besse La Maliang langi”.
       Berada di kawasan obyek wisata Batu Pake Gojeng, dapat menjadikan anda merasa nyaman berada di kawasan tersebut. Kawasan wisata yang begitu indah, sejuk, asri, dan nyaman. Selain itu, adapula kicauan burung yang dapat menghibur anada dengan kicauannya yang merdu. Selain menikmati indahnya kawasan wisatar tersebut, kita dapat menikmati sejarah kebudayaan kabupaten Sinjai, karena kawasan tersebut merupakan salah satu kawasan budaya kabupaten Sinjai.
                                                                                           
       


0 komentar:

Posting Komentar